positive thinking

10 Ciri Orang yang Berpikir Positif

Semua orang yang berusaha meningkatkan diri dan ilmu pengetahuannya pasti tahu bahwa hidup akan lebih mudah dijalani apabila kita selalu berpikir positif. Tapi bagaimana sih caranya tak banyak yang tahu. Oleh karena itu, sebaiknya kenali dulu ciri-ciri orang yang berfikir positif dan mulailah mencobanya.

1. Melihat masalah sebagai tantangan. Hidup adalah sebuah perjalanan. Gambaran hidup layaknya seperti mendaki gunung, selalu ada tujuan yang ingin dicapai. Bandingkan dengan orang yang melihat masalah sebagai cobaan hidup yang terlalu berat dan membuat hidupnya menjadi orang paling sengsara sedunia.

2. Menikmati hidup. Ups… tunggu dulu, maksudnya pemikiran yang positif akan membuat seseorang menerima keadaan nya dengan besar hati, meski tak berarti ia tak berusaha mencapai hidup yang lebih baik.

3. Pemikiran terbuka untuk menerima saran dan ide. Pemikiran yang terbuka membutuhkan kebesaran hati termasuk kesabaran. Karena boleh jadi ada hal-hal baru yang akan membuat segala sesuatu menjadi lebih baik.

4. Mengenyahkan pikiran negatif segera setelah pikiran itu terlintas di benak. Memelihara pikiran negatif dan apriori yang belum tentu benar, lama-lama bisa diibaratkan membangunkan macan tidur. Suatu kendala yang seyogyanya bisa dihadapi dengan kepala dingin jika sudah dilandasi dengan pikiran negatif ternyata malah dapat menimbulkan masalah.

5. Selalu mensyukuri apa yang dimiliki. Ada jargon, rejeki itu sudah ada yang mengatur. Jika memang sudah rejeki, tidak akan lari kemana. Jargon ini merupakan cerminan orang yang “Nrimo” selalu ikhlas dan bersyukur atas apa yang telah didapat. Hindari berkeluh kesah tentang apa yang tidak dipunyai karena justru akan menjadi beban. Sebaliknya jadikan hal itu sebagai motivasi untuk meraih hidup yang diidamkan.

6. Tidak mendengarkan gosip yang tidak menentu. Sudah pasti gosip berkawan baik dengan pikiran negatif. Karena itu, mendengarkan omongan orang yang tidak ada juntrungannya mesti dijauhi si pemikir positif.

7. Tidak bikin alasan, tapi langsung bikin tindakan. Pernah dengar plesetan NATO (No Action, Talk Only), kan? Nah orang yang berpikir positif jelas bukan penganutnya. NADO (No Action Dream Only), NACO (No Action Concept Only), NABO (No Action Briefing Only), mending jangan menunda pekerjaan deh. Karena itu contoh sikap yang jauh dari si pemikir positif.

8. Menggunakan bahasa yang positif. Kita berkomunikasi menggunakan bahasa. Gunakan kalimat yang bernada Optimisme okey, seperti “Masalah itu pasti akan terselesaikan,” dan “ pada dasarnya ia memang berbakat, hanya mungkin perlu menambah jam terbang saja.”

9. Menggunakan bahasa tubuh yang positif. Diantaranya adalah senyum, berjalan dengan langkah tegap, dan gerakan tangan yang ekspresif dan ingat juga berbicara dengan intonasi yang bersahabat, antusias, dan “hidup”

10 Peduli pada citra diri. Itu sebabnya, harus selalu berusaha tampil dengan baik. Bukan hanya di luar, tapi juga di dalam.

Okey teman-teman selamat mencoba menerapkannya ya!”, pasti sukses akan menyertai.

About desu

InfoNet digunakan untuk mempublikasikan rangkaian informasi yang kiranya berguna bagi pengunjung situs ini... jadi silahkan komentar dan men
This entry was posted in lifestyle and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s